SOSIALISASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA ORANG TUA / WALI MURID SMP NEGERI 2 NGAWI

Kamis, 07 Januari 2020 | 09 : 00 WIB
SMPN 2 Ngawi telah mengadakan sosialisasi AKM kepada wali murid pada Kamis, 07 Januari 2021.

Sosialisasi sekaliagus pembagian buku AKM tersebut dihadiri oleh 45 Wali Murid Kelas 8 di aula SMPN 2 Ngawi.

AKM dan survei karakter, terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Bentuk soal AKM akan diperkenalkan kepada siswa yang mengikuti simulasi UN tahun ini, sehingga ada kemungkinan pula bentuk-bentuk soal tersebut juga akan keluar saat UN utama nantinya. Sedangkan bagi guru juga akan diperkenalkan bentuk soal AKM sebagai gambaran bagaimana mengelola proses pembelajaran kedepannya dan bagaimana melakukan penilaian dengan bentuk soal.

Bentuk soal AKM yang diperkenalkan kepada guru, tidak terbatas hanya untuk guru mata pelajaran yang di UN-kan saat ini, akan tetapi untuk semua guru mata pelajaran sehingga tidak lagi membedakan mata pelajaran secara signifikan.

Menurut Pak Menteri, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimum. Ini kompetensi minimum kompetensi dasar yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar apa pun materinya. Ini adalah kompetensi minimum yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar apa pun mata pelajarannya.

Rencananya tahun ini AKM dan survey karakter sudah diterapkan sebagai pengganti UN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *