SEJARAH SMP NEGERI 2 NGAWI

Sekolah ini lahir dari tangan-tangan orang hebat dan perjuangan orang-orang terdahulu. YB Soekimin salah satu sosok pemrakarsa di balik nama besar SMP Negeri 2 Ngawi. Tepatnya pada tanggal 1 Maret 1960 sekolah ini layak diakui di dunia pendidikan Kabupaten Ngawi. Sekolah yang dibangun dengan kerja keras, maka tepat kiranya, rasa memantaskan diri selalu berkobar dalam api perjuangan yang tak pernah padam.

Rekam jejak sekolah yang dahulu bernama SGB (Sekolah Guru Bawah) atau sekarang biasa kita sebut dengan SMP, gedung kelas dulu berada di pojok Alun-alun timur arah utara yang sekarang menjadi Taman Pintar milik Pemerintah Daerah Ngawi. Jumlah siswa sebanyak dua kelas per tingkat. Prestasi yang diraih pun sudah terlihat dari kemampuan akademik dan nonakademik. Selain itu, kegiatan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia sudah jadi rutinitas sejak dulu mulai eksposisi, karnaval, dan gerak jalan.

Bergerak terus dan berhijrah mengikuti arus perkembangan zaman. Sekolah telah menunjukkan esensinya bahwa, sekolah ini patut diakui ketika tahun 2004 menjadi sekolah SSN (Sekolah Standart Nasional), tahun 2008 menjadi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), tahun 2013 menjadi sekolah Adiwiyata Kabupaten, tahun 2014 menjadi sekolah Adiwiyata Provinsi,  tahun 2016 menjadi sekolah Adiwiyata Nasional, tahun 2018 mejadi sekolah Adiwaya Mandiri dan sekolah rujukan, sekaligus menjadi sekolah Siaga Kependudukan, Sekolah Pendidikan Aman Bencana juga Sekolah Penguatan Pendidikan Karakter.

SMP Negeri 2 Ngawi terletak di timur Alun-alun Ngawi, tepatnya di  Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 7 Ngawi, diapit gedung megah DPRD Kabupaten Ngawi dan Gedung Eko Kapti. Terus berbenah dan tumbuh, SMP Negeri 2 Ngawi memiliki dua tempat yaitu kelas atas dan bawah, atau bisa disebut lokasi bagian barat dan lokasi bagian timur. Lahan yang luas mempengaruhi banyaknya jumlah gedung kelas dan sampai sekarang menjadi tolak ukur sekolah di Kabupaten Ngawi. Dengan jargon sekolah beprestasi dan berkarakter, Espero berkarya sehati.

SMP Negeri 2 Ngawi, ketika tahun 2018 dinobatkan sebagai satu-satunya sekolah Adiwiyata Mandiri di Kabupaten Ngawi, sehingga menjadi barometer sekolah lain untuk study banding tentang lingkungan, menjadikan sekolah konsisten dalam action-nya. Menjaga bumi tetap lestari di lingkungan sekolah, memayu hayuning bawana. Semua warga sekolah menyatu dalam kegiatan Adiwiyata. Kata bijak ini kiranya pantas, “Satu orang peduli lingkungan akan menyelamatkan bumi dari kerusakan.”

Penerapan penguatan pendidikan karakter selaras dengan visi sekolah untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal ini siswa. Siswa adalah investasi generasi emas Indonesia. Siswa disiapkan menjadi pribadi beretika, berestetika, bermoral, dan berbudi pekerti luhur . Sikap religius, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri menjadi penunjang keberhasilan pembelajaran karakter.

Sepenggal sejarah SMP Negeri 2 Ngawi adalah perjuangan tiada henti sampai titik puncak tak terbatas. Tugas ini ada di pundak semua warga sekolah, sebagaimana visi sekolah yaitu, “Unggul di dunia global berlandaskan iman dan taqwa, cinta lingkungan serta berbudi pekerti luhur.”