SIAP GELAR PTM, PELAJAR SMP NEGERI 2 NGAWI JALANI VAKSINASI.

NGAWI – 
SMP Negeri 2 Ngawi hari ini melaksanakan vaksinasi sebagai syarat PTM terbatas, dari 868 siswa hanya 398 siswa yang mengikuti vaksinasi, sisanya 470 siswa lainnya sudah memperoleh vaksinasi tahap awal yang digelar Pemkab Ngawi secara umum.

Vaksin yang diberikan adalalah Sinovac. Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang digunakan dalam percepatan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12-17 tahun. Percepatan vaksinasi COVID-19 diatur dalam Surat Edaran Kemenkes nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 bagi Masyarakat Rentan, Masyarakat Umum Lainnya, dan Anak Usia 12-17 tahun.

Peningkatan kasus terkonfirmasi COVID-19 pada usia anak-anak, persetujuan penggunaan vaksin Sinovac, dan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) menjadi pertimbangan dikeluarkannya Surat Edaran percepatan vaksinasi COVID-19 termasuk bagi anak usia 12-17 tahun tersebut.

Vaksin untuk usia pelajar tersebut tidak hanya untuk percepatan penanggulangan COVID-19, tetapi juga sebagai syarat belajar tatap muka terbatas.

Vaksin Sinovac untuk pelajar memiliki sejumlah mekanisme pemberian sebagai berikut:

  1. Dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sekolah, madrasah, atau pesantren, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kanwil/Kantor Kemenag setempat untuk mempermudah pendataan dan monitoring pelaksanaan.
  2. Mekanisme skrining, pelaksanaan, dan observasi sama seperti vaksinasi pada usia >18 tahun. Vaksin Sinovac yang digunakan memiliki dosis 0,5 ml sebanyak dua kali. Pemberian vaksin kedua usia 12-17 tahun dilakukan dengan jarak atau interval . Kemudian mengenai metode PTM dilaksanakan pembagian waktu sesuai nomor urut daftar hadir siswa artinya, satu kelas berisi 32 siswa dibagi menjadi dua sesi (50 Persen). Tiga hari untuk nomor urut 1 – 16 (Senin – Rabu), tiga hari selanjutnya nomor urut 17 – 32 (Kamis – Sabtu), dan maksimal PTM selama 4 jam dalam sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *