21 Feb

Cerpen: Persahabatan dan Cinta

By Smp2Ngawi | 2 comments

2

Julio adalah seorang siswa smp kelas 3 disebuah sekolah swasta di Jakarta. Julio hanyalah seorang anak biasa disekolahnya, dia tidak jenius dan tidak bodoh. atau pas-pasan lah…

Cerita ini bercerita tentang kisah persahabatan Julio dengan para personil bandnya, dan tidak lepas pada masalah remaja yaitu tentang cinta….

Pada saat pulang sekolah seperti biasanya Julio langsung memanggil para personil bandnya yg juga satu sekolah dengannya, namun tidak dalam kelas yg sama. 3 personilnya yg lain berada pada kelas yg sama, hanya Julio yg tidak sekelas dengan personilnya yg lain. Namun walaupun begitu mereka tetap bersahabat.

Pada suatu hari Julio jatuh cinta pada seorang siswi bernama ‘Claudia’ yg sekelas dengan para personilnya itu. Karena Julio sangatt menyukainya, dia mulai untuk mendekati Claudia. Berkat dukungan para sahabatnya itu, akhirnya Julio berhasil merebut hati Claudia. Julio mengungkapkan perasaannya didepan teman-teman Claudia pada saat jam istirahat disekolah. Namun semua itu adalah usaha dari sahabat-sahabat Julio yg memaksanya untuk segera mengungkapkan perasaannya kepada Claudia. Dan pada saat penembakan itupun Claudia langsung menerima cinta Julio dan membalasnya dengan sambil tersenyum.

Setelah mereka berdua jadian, hubungan mereka berdua menjadi semakin dekat. Mereka benar-benar saling mencintai. Mereka sering pergi ke pantai bersama. namun semua kasih sayang diantara mereka berdua itu tiba-tiba pecah menjadi perpisahan yg menyedihkan. Julio dituduh oleh seorang mantan Claudia yg memang masih memendam rasa kepada Claudia. mantannya itu bernama ‘Kevin’. Julio dituduh oleh Kevin telah berselingkuh dengan cewek lain dari sekolah lain. Awalnya Claudia tidak percaya itu namun setelah Kevin memperlihatkan sebuah foto, Claudia menjadi sangat terkejut. Didalam foto itu ada Julio tampak sedang ingin mencium seorang cewek.

Claudia benar-benar sangat terluka melihat foto itu, karena dia begitu menyayangi Julio. Namun Julio mencoba untuk meyakini hati Claudia, kalau semua itu adalah salah paham. Namun semua sudah terlambat, Claudia telah terlanjur terluka dan dia langsung memutuskan hubungannya dengan Julio. Juilopun sangat sedih karena hal itu. Betapa tidak? Karena semua yg ada di foto itu sebenarnya memanglah hanya sebuah kesalah pahaman.

pada saat itu Julio ada acara reunian dengan teman-teman sdnya disebuah restoran. Pada saat itu kebetulan Kevin juga sedang nangkring dengan teman-temannya. Pada saat reunian itu ada cewek yg difoto itu. Cewek itu adalah teman lama Julio. Pada saati itu mereka sedang berbincang-bincang, dan cewek itu berbicara dengan Julio secara berbisik karena dia ingin mengatakan suatu hal. Namun pada saat momen itu, secara refleks Kevin langsung mengambil foto mereka berdua berbisik, sehingga kelihatan seperti orang ingin berciuman.

Setelah Claudia melihat foto itu dia memutuskan Julio dengan sangat terluka hingga air matanyapun terurai. Setelah kejadian itu Kevin berusaha untuk mendekati Claudia, namun itupun tidak berjalan dengan mulus. Dia ditolak mentah-mentah oleh Claudia, dengan alasan dia masih belum sanggup untuk melupakan Julio.
v
Pada saat Claudia terluka ada seorang lelaki yg selalu menghiburnya. Lelaki itu adalah Rifky, yg merupakan salah seorang personil band Julio, yg juga berarti juga sahabat dekat Julio. Awalnya Rifky hanya bermaksud untuk menghibur Claudia karena telah dilukai oleh Julio. Namun karena hal itu, lama-kelamaan cinta tumbuh didalam hati Rifky kepada Claudia. Karena dia merasa ini adalah kesempatan terbaiknya untuk mencoba merebut hati Claudia, Rifky mengungkapkan perasaannya itu kepada Claudia. Sebenarnya Rifky tahu kalau sebenarnya Julio masih mencintai Claudia, dan dia sebenarnya juga tahu kalau Julio hanya difitnah oleh Kevin karena diantara sahabat Julio yg lain,Rifkylah yg paling sering menjadi tempat curhat Julio. Namun, Rifky tidak memedulkan hal ini, dia tetap mencoba memperjuangkan hatinya kepada Claudia.

Akhirnya, Claudia mulai membuka hatinya dan mulai melupakan Julio dengan cara menjalin hubungan dengan Rifky. Julio yg mengetahui hal ini dari seorang temannya sangat terkejut sekali. Sepulang sekolah ia langsung menemui Rifky yg pada saat itu sedang duduk dengan personil bandnya yg lain. Pada saat itupun ada Claudia. Julio langsung menghampiri Rifky dan menanya dengan baik-baik.

“Ky…Loe uda jadian sama Claudia?” Tanya Julio kepada Rifky dengan nada yg sedikit keras. “Hmmm…..Kalo ia kenapa?”. Sahut Rifky. “Loe kok tega banget sama gue, Ky?Loe orang yg slalu gue percayain.orang selalu gue anggep sahabat. Tapi kenapa loe sekarang khianatin gue?”. “Bukannya loe udah nyakitin hati Claudia?Klo loe emang sayang ma dia, kenapa dulu loe Nyakitin hatinya Claudia?”. Rifky membalas kata-kata Julio seolah-olah dia benar-benar menyalahkan Julio. mendengar hal itu Julio langsung emosi dan melayangkan pukulannya ke muka Rifky. Namun pukulannya terhenti karena Arman yg merupakan sahabat mereka menahan tangan Julio.

Arman langsung memarahi Julio dan berkata, “Loe mo ngapain Jul?Jelas-jelas kita itu sahabat, sekarang loe mau mukul Rifky?”. “Loe bilang apa Man?Apa itu yg namanya sahabat?Dia merampas orang yg bener-bener gue sayangi..orang yg bener-bener gak bisa gue gantiin dihati gue?Apa itu namanya sahabat???”Julio memaki Arman. Lalu Arman tiba-tiba memukul Julio dengan kasar hingga keluar darah dimulutnya. Gerakan Julio terhenti sesudah itu, dan dia bicara baik-baik dengan Arman. “Man….loe gak tau betapa gue sakit karena Rifky ngerebut cewek yg bener-bener gue sayang?”. Arman menjawab “Bukannya loe sendiri yg ngelukain hati Claudia. Loe selingkuh kan??”. “Jadi loe percaya Man??Man….gue itu difitnah sama Kevin tentang hal itu. Itu semua salah paham”. Karena takut Arman akan menyalahkannya, tiba-tiba Rifky mulai brbicara, “Loe jangan sembarang omong deh Jul…sekarang gue sama Claudia udah saling cinta.

Jangan loe ganggu kami lagi”. Setelah omongan Rifky itu Julio menjadi semakin emosi dan mencoba untuk memukul Rifky. Namun sama seperti tadi, Arman menghentikan serangannya itu dan malah memukul balik Julio sebanyak tiga kali hingga dia terjatuh di tanah, namun dia masih sadar. Setelah insiden itu, Arman, Julio, Claudia dan sahabatnya yg lain pergi meninggalkan Julio yg babak belur. Mereka seolah dia peduli atas Julio. Padahal jika mereka tahu yg sebenarnya, Julio sangat tidak bersalah, justru Rifkylah orang yg sangat jahat. Ketika mereka pulang, Claudia yg tangannya dipegang oleh Rifky melihat Julio dengan perasaan yg sangat sakit.

Ia terpikir, “Aoakah benar Julio masih mencintaiku?Apakah benar Julio telah difitnah?Jika ia, aku benar-benar akan menyesal. Dan berbalik aku yg benar-benar telah melukai hati Julio” Claudia bingung dan sedih memikirkan hal itu. Namun ia tidak bisa berbuat apa-apa karena dia tengah kebingungan pada saat itu.

Setelah mereka tamat smp, Claudia terus mencari-cari kebenaran tentang kejadian itu. Hingga ia mendapatkan jawaban yg sebenarnya bahwa Julio benar-benar telah difitnah oleh Kevin, dan diapun telah ikut dibohongi oleh Rifky. Karena hal itu Claudia langsung memutuskan hubungannya dengan Rifky dan mencari-cari Julio untuk meminta maaf. Demi meminta maaf kepada Julio, Claudia pergi mencarinya ke rumah Julio. Tetapi pada saat itu ia tidak ada dirumah. Ortunya bilang bahwa dia pergi ke pantai dimana tempat dia sering kesitu bersama mantannya dulu. Begitu mendengar hal itu, Claudia langsung mencari Julio ke pantai dimana mereka sering menghabiskan waktu bersama dahulu.

Disitulah Claudia bertemu dengan Julio.Tampak Julio sedang memandangi lautan yg disertai dengan Sunset karena pada saati itu hari mulai sore. Lalu Claudia berjalan untuk menegur Julio. Keberadaan Claudia dapat dirasakan oleh Julio, Ia langsung menoleh kebelakang dan termenung melihat Claudia. Melihat pandangan Julio itu, tiba-tiba Claudia langsung memeluk Julio. “Io…maafin aku. Aku bener-bener udah nyakitin hati kamu.aku minta maaf….Aku gak bisa nahan terus kalo ternyata perasaan aku cuma buat kamu.

Selama ini aku terus kebayang dosa akan ngelukain kamu. Aku bener-bener takut kehilangan kamu”. Julio menjawab, “Akhirnya kamu datang sayang. Aku udah nungguin kau daritadi.”. Claudia terbengong, “Nungguin aku?”. “Ia….Kamu gak inget sayang?sekarang adalah tanggal jadian kita dulu. Aku sengaja nungguin kamu disini, karena aku pikir ini adalh tempat dimana kita selalu bersama dan aku berharap kamu juga akan kesini untuk mengenang aku. Ternyata aku betul. Ku bener-bener seneng”. “Jadi kamu gak mrah sama aku, Io?”. “Gak sayang…aku tahu kamu itu gak salah. Tetapi salah Kevin dan Rifky. Gimanapun aku tetep sayang sama kamu.”. Claudia terdiam mendengar kata-kata Julio itu sambil memeluk Julio lebih erat dan mengakhiri nostalgia mereka itu dengan sebuah ciuman.
Kini Claudia benar-benar percaya akan cinta Julio. Mereka bisa bersama kembali dan menjalin cinta yg mesra…

Muh. Asyari | VIIIA | Sekretaris OSIS 2010/2011 : Cerpen: Persahabatan dan Cinta


2 comments


Leave a Reply




Will not be published



Links Ngawi

November 2014
M T W T F S S
« Aug    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Telepon

+62 351 749 136

Email

informasi@smpn2ngawi.sch.id

Alamat Surat

SMP Negeri 2 Ngawi
Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 7
Ngawi , 63211
Jawa Timur

Hubungi Kami




All fields are required.


Sending...

Close contact form